Sudah Tau Jenis Ban MotoGP

Pada saat balapan daya cengkram ban ke lintasan (traksi) mesti besar utk mengimbangi daya dari mesin kendaraan yang luar biasa besar, maka dari itu ban yang dimanfaatkan pada MotoGP dibuat halus.

Ada yang tau mengapa ban yang difungsikan pada balapan MotoGP halus? Tentu banyak pertanyaan santai ban utk balapan ini, pada dasarnya ban yang dipakai utk balapan tidak serupa dengan yang diperlukan buat harian, Mengapa? Pada saat balapan daya cengkram ban ke lintasan (traksi) mesti besar utk mengimbangi daya dari mesin kendaraan yang luar biasa besar, maka dari itu ban yang dimanfaatkan pada MotoGP dibuat halus.

Fungsi alur pada ban kan difungsikan buat mengalirkan air?
Pertanyaan tersebut juga tidak jarang ditanyakan, memang lah fungsi alur pada ban difungsikan buat mengalirkan air pada saat kendaraan melintasi genangan air, sebenarnya tidak hanya utk mengalirkan air namun juga lumpur. Nah kembali ke ban MotoGP yang halus, ban ini hanya dipakai utk kondisi lintasan yang kering, maka dari itu tidak dibutuhkan alur, utk kondisi hujan dan lintasan basah, difungsikan ban husus yang mempunyai alur supaya saat melintasi jalanan yang basah tidak tergelincir.

Mengapa bisa tidak tergelincir?
Kenapa tidak tergelincir itu disebabkan karena ban yang tidak memakai alur pada permukaannya automatic bagian ban yang menempel pada jalan lebih banyak dari pada ban yang mempunyai alur, dan dengan begitu traksi atau cengkraman ban bakal lebih besar dan itu benyebabkan motor tidak mudah tergelincir. Pihak MotoGP juga sudah mempertimbangkan dengan menghilangkan alur pada ban dapat meningkatkan handling dan pengereman, maka sangat pas utk balapan.

Apabila ban basah pakai alur, nanti cengkramannya kurang?
Iya, dengan cara logika memang lah benar cengkraman dapat menyusut seandainya ban memakai alur, maka dari itu tekstur ban dibuat lebih lunak biar cengkraman ban atau traksi lebih kuat, meski tekstur ban lunak, ban tersebut tidak mudah terkikis oleh aspal lintasan, karena pada saat kondisi basah suhu lintasan bakal dingin maka dapat mengurangi cepat terkikisnya ban. Sempat lihat balapan MotoGP pada saat cuaca hujan dan rider memakai ban basah setelah itu tidak lama cuaca jadi cerah maka ban yang diperlukan dapat cepat habis dan tipis, karena tekstur ban yang lebih lunak di bandingkan dengan ban kering, maka dari itu rata rata rider dapat cepat-cepat mengganti dengan ban kering biar dapat melakukan balapan dengan maksimal lagi.

 

Baca juga :