Foto Ilustrasi Analitik. by Freepik

5 Tips Dan Trik Memanfaatkan Data Dalam Pemasaran, Instagram Analytics!

5 Tips Dan Trik Memanfaatkan Data Dalam Pemasaran, Instagram Analytics!

Tentukan Tujuan Dan Kinerja Utama Instagram, Lacak Demografi Penonton Instagram, Analisis Performa Postingan, Pantau Tingkat Keterlibatan Instagram Anda, Pantau Metrik Cerita.

Pada dasarnya pemasaran membutuhkan analisis dan evaluasi agar mengetahui kekurangan dalam menyasar konsumen. Salah satu media pemasaran yang sering dipakai yaitu Instagram. Platform ini banyak digunakan dan populer di dunia, dimana menawarkan peluang yang besar. 

Untuk mengetahui apakah konten yang diunggah telah tepat sasaran, tentu harus dilakukan Instagram analytics. Simak tips dan trik memanfaatkan data dalam pengoptimalan proses pemasaran. 

1. Tentukan Tujuan Dan Kinerja Utama Instagram
Sebelum membuat konten, anda harus menentukan tujuan dan kinerja utama Instagram yang dibuat. Hal ini bertujuan agar konten yang diunggah konsisten dalam pembahasan. Hal ini tentu akan membantu membangun personal branding anda. 

2. Lacak Demografi Penonton Instagram 
Sesuaikan konten yang dibuat dengan demografi penonton. Jadi di awal, anda sudah harus merancang siapa yang akan melihat konten yang dibuat atau sasaran konsumen. Setelahnya, sesuaikan konten dengan apa yang dimau konsumen. 

3. Analisis Performa Postingan 
Salah satu tujuan melakukan Instagram analytics yaitu memantau performa konten agar terus mengalami peningkatan. Jangan sampai konten yang diunggah malah mengalami penurunan like, komen, dan viewers. 

4. Pantau Tingkat Keterlibatan Instagram Anda
Setelah membuat konten, hal yang anda inginkan yaitu interaksi atau keterlibatan antara audiens dan konten yang dibuat. 

Dimana keterlibatan Instagram bisa dilihat dari jumlah like dan komen positif. Dari sini anda bisa menentukan konten mana yang memiliki resonansi kuat, sesuaikan teknik pemasaran dengan apa yang disukai penonton. 

5. Pantau Metrik Cerita 
Stories menjadi fitur populer yang dimanfaatkan banyak orang didunia. Dengan melakukan analisis, anda akan bisa menentukan cerita mana yang beresonansi dengan audiens, kemudian bisa disesuaikan dengan strategi yang akan digunakan. 

Komentar